Sunday 23 August 2015

Indonesia Bercerita: Tour de East Java (Part 4)

Hey, pembaca blog gue! :D Loooooong time no see. Hutang gue belum beres yaaa yang cerita perjalanan ke Jawa Timur (tahun lalu) itu huhu maafin yaaa :(( Padahal gue udah lama nulisnya, tapi lupa publish. So, enjoy this one!
----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Halo! Masih penasaran nih sama perjalanan gue? :p okey deh gak usah banyak basa-basi, gue langsung lanjut aja ya cerita gue…

Perjalanan Kota Batu, Malang sampe Bromo itu lumayan jauh. Untungnya kita melakukan perjalanan malam gitu, jadi gak kerasa jauhnya. Iya lah orang pada tidur semua itu orang di mobil, kecuali Mas Heru ya wkwk kan dia supirnya. Kalo Mas Heru juga ikut tidur, ya Wassalam deh kita semua. Ih amit-amit Ya Alloh, Naudzubillah…

Finally, kita sampe juga di sekitaran Gunung Bromo. Kita nyampe itu sekitar dini hari jam 1an laaah, makanya kita harus ke penginapan dulu. Penginapannya kita gak mewah-mewah banget kok. Malah cuma sekamar doang gitu diisi sama 7 orang hehe ini emang permintaan kita juga sih. Soalnya sayang juga kalo mahal-mahal mah, kan kita cuma butuh buat transit doang. Menunggu pagi ceritanya.

Bromo ternyata gak sedingin yang gue kira. Yang kata Cabel sih bisa bikin hipotermia gitu saking dinginnya. Tapi actually masih bisa ketahan sih kalo lu pake jaket yang tebel. Ditambah lu juga harus bikin sugesti kalo Bromo itu gak dingin. Jadinya kan kebawa aura positif gitu.

Pas nyampe kamar, kita udah tepar aja saking capeknya. Dan semua bikin alarm, biar gak kebablasan. Kan kita mau mendaki gunung haha gaya banget bahasanya :D

----------------            T          I          D         U         R          ----------------

Alarm berbunyi dimana-mana. Bikin semua seisi kamar kebangun. Semuanya pada siap-siap deh mau mendaki gunung hehe gak pake mandi ya. Ini aja gue cuci muka airnya zuperrr dinginn brrr yang namanya cewe ya pasti riweuh banget deh dandannya.

Semua udah siap mau menembus malam dan berdingin-dingin ria buat mengejar sunrise di Bromo. Jaket sudah, kaos kaki udah, dan sarung tangan okey! Buat lu yang mau ke Bromo emang udah wajib banget deh bawa ketiga item tersebut. Jaket, kaos kaki, sama sarung tangan. Kalo gak bawa pun, sebenernya banyak juga sih yang jualan di sini. Yang nyewain jaket juga ada. Ohya tambahan juga, buat kalian yang gak berjilbab mungkin bisa ditambah bawa penutup kepala juga kali ya, semacem kupluk gitu.

Kita udah pada siap semua. Tapi, ternyata Mas Herunya masih tidur -________- Ini gimana ceritanya mas-mas penunjuk arah kita masih tidur. Astagaaaaa mas :O Akhirnya malah kebalik nih jadi tamu yang nungguin travel agent-nya siap-siap zzz

Mengejar sunrise di BROMO .

Sekarang waktunya kita caw ke Bromo. Biar makin gawl dan hitz kita naik jeep ke sananya. Satu jeep itu muat sih buat kita bertujuh (kalo gak salah) hehe soalnya seinget gue kita semua masuk kok satu jeep doang. Terus Mas Heru beda sendiri gitu jeep nya. Kalo gak salah ya…

Jalanan menuju Bromo ya seperti jalanan menuju gunung pada umumnya. Berbelok-belok dan naik-turun gitu. Belum lagi langit yang masih gelap, bikin perjalanan makin ekstrim. Tapi, tetep safety kok. Soalnya yang nyewain jeep itu juga warga sekitar yang emang udah terbiasa sama medan jalanan di sana.

Akhirnya kita nyampe juga di satu spot terakhir perjalanan jeep ini. Daaan di sini udah rame banget sama pengunjung lainnya. Ada yang naik jeep kaya kita, ada juga yang naik ojeg.

Ternyata, kita juga masih harus jalan lagi buat bisa nyampe ke spot buat bisa liat sunrise nya. Jaraknya lumayan sih. Tapi, karena kita ramean dan emang ngerasa exciting banget makanya jadi gak kerasa. Udara di sana juga masih adem banget. Jadinya enak kalo diajak jalan pun

Sebelumnya, kita juga gak lupa buat shalat subuh dulu. Di sana udah ada tempatnya kok musholla umum gitu. Cuma emang penuh banget. Karena tempatnya gak besar juga sih. Terus kalo mau wudhu, airnya bayar gitu 2ribu. Airnya super dingiin brrr

Udah beres shalat, kita pun melanjutkan ke Pananjakan Bromo, spot buat liat sunrise nya. Di sana sih kita cuma foto-foto sambil nungguin Sang Surya muncul hehe

Ohyaaaaa btw gue hampir aja lupa nyeritain satu moment! Jadi, ceritanya hari ini Shabira (read: bira) ulang tahun. Terus kita mau ngasih kejutan gitu tadinya pas sebelum mau berangkat ke Bromo ini. Tapi kelupaan dan hectic banget.

Dan tanpa sengaja… kita punya ide baru buat bikin kejutan ke Bira setelah tanpa sengaja ngeliat ada rombongan oppa-oppa dari Korea (ini serius guysss). Berhubung di geng kita ada oenni yang kemarin baru pulang summer school di Korea gitu (sebut saja namanya Vieta), jadi kita minta tolong ke Vie buat ngobrol sama oppa itu buat ngasih ucapan ulang tahun ke Bira.

Fortunately, oppa-oppa itu baik banget, dan mau bantuin kita. Akhirnya suasana di sana sedikit pecah dengan suara oppa-oppa yang nyayiin lagu saengil chukahamnida (lagu happy birthday pake bahasa korea). Bira pun tersipu malu gitu mukanya (ceilah bahasa gue wkwk) daaan tiba-tiba aja salah satu oppa malah nyosor aja cipika-cipiki ke Bira. Aduh, oppa…

Next, kita masih menanti matahari terbit nih di sini.

Nunggu sunrise dari gelap buta
(Masih) nunngu sunrise sampe udah rada terang bersama sejuta umat lainnya

Sampe sekitaran pukul setengah 6, masih belum ada juga mataharinya huhu sedih banget. Hari itu emang mendung-mendung gitu, ketutup kabut juga. Cuma ada sedikit serpihan-serpihan cahaya matahari kaya gini…

Mendung :( gak dapet sunrise
Yang penting foto!

Kita pun memutuskan untuk lanjut aja perjalanan menuju Kawah Gunung Bromo.

Foto di Tugu Selamat Datang pas mau pulang
Perjalanan menuju jeep

Dari tempat kita yang (rencananya) mau liat sunrise itu kita naik jeep lagi buat nyampe ke kawah Bromo. Kalo sebelumnya trek jalannya nanjak, nah sekarang kebalikannya. Jalannya justru turunan dan berkelok-kelok. Kalo lu gak biasa ngelewatin jalanan medan kaya gini, dijamin bikin mual. Kaya beberapa personil dari kita nih.

Sebelum nanjak lagi ke puncak Kawah Gunung Bromo, kita nikmatin alam sekitar dulu yang MasyaAlloh cantiknyaaaaa…..

Pasir berbisik
Bukit teletubbies
Lupa nama gunungnya :(
Hamparan padang pasir yang luas banget sepanjang mata memandang (biasanya dikenal dengan kawasan pasir berbisik), dikelilingi gunung-gunung sekitar, dan hijaunya tumbuh-tumbuhan (banyak yang bilang bukit teletubbies), langit yang berwarna biru, udara super adem, bikin manjain diri banget deh!

Maka, nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustakan?

Gaya di jeep :p (biarin ya alay juga)
Full team!
Buat yang mau tau Mas Heru, ayoooo cari yang mana?
Mau gaya loncat, tapi gak sama-sama terus haha
Dan sekarang, it’s time for us to hiking the mountain! (sumpah ini lebay) haha maksudnya buat naikin satu per satu anak tangga yang super tinggi itu buat bisa sampai di atas Kawah Gunung Bromonya. Kalo kalian emang ngerasa gak kuat jalan, banyak juga loh yang nyewain kuda di sini hihi

Perjalanan menuju kawah
Wajah-wajah lelah haha
Tuh cabel aja pas turun naik kuda
Alhamdulillah, walaupun kaki gue rasanya mau patah. Finally, gue bisa nyampe juga di atas sini. Sangat-sangat dekat dengan Kawah Gunung Bromo. Sumpah, gue takut jatuh ke dalam kawah. Tapi, Naudzubillah.. kita harus tetap positive thinking yaaaa guys.

Kawah Gunung Bromo

Wanita-wanita 'pendaki'
Seperti kebanyakan kawah-kawah lainnya, di atas sini juga aromanya gak begitu enak, you-know-lah gimana rasanya bau belerang. Makanya, gue gak kuat lama-lama diem di atas sini.

Perjalanan Bromo perfectly done. Sekarang, kita balik lagi ke penginapan buat bersih-bersih dan check out menuju ke kota selanjutnya. Terpaksa deh harus mandi di air yang zuperrr dingin ini brrrr