Monday 24 August 2015

Indonesia Bercerita: Tour de East Java (Last Episode)

Pacitan .
Salah satu kabupaten di Jawa Timur yang juga merupakan tempat kelahiran Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (mantan Presiden RI).
Sumber: Mr. Google :P

Sebelumnya gue sama sekali gak tahu sama daerah Pacitan, apalagi sama daerah wisatanya. Tapi, setelah melakukan perjalanan ini (ceilah bahasanya) haha gue jadi malah pengen balik lagi ke Pacitan.

Flashback .

Sebelum kita ke Pacitan, kita dianterin dulu tuh sama Mas Heru kembali ke Kota Malang ke rumah sodaranya Ica. Dan akhirnya di sinilah akhir perjalanan kita sama Mas Heru. Good bye, mas! *dadah-dadah* Terima kasih banyaaaak.

Di kota Malang, kita sempet ngisi perut dulu di salah satu restoran gitu. Tapi, saking udah lamanya ini cerita, gue sampe lupa waktu itu pesen apa hahaha

Back to reality .

Perjalanan Malang – Pacitan ini kita lagi-lagi dianter sama travel yang udah dipesenin sama sodaranya Ica. Di Pacitan sendiri kita bukan mau jalan tanpa arah dan tujuan, melainkan kita mau ke rumah bule (ibu cilik/tante)-nya Ica hehe maaf yaaaa bule jadi ngerepotin.

Secara garis besar perjalanan Malang – Pacitan ini kayanya lancar-lancar aja, soalnya udah malem juga. Jadi, jalanan sepi juga. Tapi, kayanya kalo gak salah inget, mobil travel yang kita naikin sempet mogok atau pecah ban gitu (duh, maaf yaaa lupa) Tapi yang pasti, Alhamdulillah, akhirnya kita nyampe juga di rumah bulenya Ica pagi-pagi sekitar jam 6an.

Gak lama kita istirahat, mandi-mandi, sarapan, dan kembali jalan-jalan lagi keliling Pacitan. Let’s go!

Pantai Klayar .

Siapa yang nyangka kalo Pacitan menyimpan keindahan alam yang ruarrr biasa. Yap, ini pertama kalinya gue datang ke Pantai Klayar. Denger namanya aja baru sekarang, tapi keindahannya Ya Alloh cantik nian.

Pas banget kita ke sana bukan lagi musim liburan, jadi suasananya bener-bener sepi. Serius ini udah kaya pantai pribadi. Harinya lagi cerah, lautnya biruuuuuu banget, pasir putiiiiih, ah rasanya hidden paradise banget.

Apalagi kalo yang gak kita lakuin selain main…. surfing eh maksudnya foto-foto hihi

Ini gambar bukan diambil dari Google yaaa hehe



Naaah, ada yang unik juga nih di Pantai Klayar ini. Katanya di sini ada ‘air mancur’. Penasaran kan? Jadi, maksudnya ‘air mancur’ ini adalah air yang menyembur keluar dari celah-celah batu karang haha gue sih gak ngerti gimana cara jelasinnya yang lebih ilmiah. Tapi, lu langsung liat aja deh foto-fotonya.

Ini yang dimaksud kaya 'air mancur'




Duh, gue ngerasa zonk banget gak bawa sandal jepit ke pantai. Jadinya, sepatu gue yang flat shoes ini jadi kebasahan. Bener-bener saltum alias salah kostum banget gue hiks :’((

Matahari udah mulai panas banget. Kayanya bener-bener udah ada di atas kepala kita banget deh. Kita pun mutusin buat langsung caw ke destinasi selanjutnya.

Gua Gong .

Katanya sih Pacitan juga dikenal dengan sebutan ‘Kota seribu gua’ katanya…. karena saking banyaknya situs gua yang ada di Pacitan ini.

Tapi salah satu yang paling unik dan terkenal adalah Gua Gong. Kenapa disebut gua gong? Karena ada salah satu sudut di dalam gua gong ini yang kalo dipukul bunyinya kaya bunyi gong. Gong; alat musik tradisional/gamelan.


Perjalanan menuju Gua Gong
Sama kaya pas di pantai, di Gua Gong ini juga sepiii banget. Bener-bener kayanya cuma kita doang pengunjungnya. Kalo gak salah, pas masuk ke dalam gua, kita harus beli tiket masuknya dulu. Tapi, gue lupa berapa harganya L

Seperti kebanyakan tempat-tempat wisata gua pada umumnya, di sini juga banyak jasa penyewaan lampu senter sekaligus guide buat masuk ke dalamnya. Kan biasanya di dalam gua gelap kan ya? Padahal, gue aja baru pernah sekali doang masuk ke gua, yaitu Gua Jepang dan Gua Belanda di Dago Pakar, Bandung.

Tapi, kata Ica, di dalam Gua Gong ini gak segelap gua pada umumnya karena udah banyak lampu warna-warni dan udah ada treknya juga. Jadi, gak usah nyewa-nyewa gituan. Dasar mahasiswa gak mau rugi yaaa haha padahal harga sewanya juga gak mahal-mahal banget, sekalian bantu-bantu perekonomian warga sekitar juga yaaa padahal L

Btw, dampak sepatu gue yang kebasahan di pantai bikin gue gak nyaman menelusuri Gua Gong ini. Mana di dalam gua juga rada becek-becek gitu lagi, jadi basahnya ngerembes gitu. Ah, bener-bener failed! Udah mah gue serem lama-lama di gua, sepatunya gak asik, bikin gue pengen cepet-cepet keluar. Padahal, jujur, guanya indah banget ditambah penataan lampu yang warna-warni. Dan gue baru sadar setelah liat hasil foto-foto setelah keluar dari gua. Nyesel kan? Makanya, bener-bener harus nyiapin outfit yang super nyaman deh kalo selama travelling.




Ohya, gue gak bisa ngasih tau di sudut mana yang ngeluarin bunyi kaya ‘gong’ itu. Soalnya kita gak nyewa guide jadi gatau haha tuh kan nyeselnya jadi double.

Pantai Teleng Ria .

Ini destinasi terakhir kita di Pacitan. Ya, kembali ke pantai. Tapi, kalo dibandingin sama Pantai Klayar (bukan bermaksud buat bandingin juga sih), tapi jujur Pantai Teleng Ria ini gak sebiru dan seputih pasir Pantai Klayar. Malah (waktu tahun 2014 gue ke sana) pantainya kotor gitu. Jadi, baunya juga kurang enak. Tapi, gue gak tau yaaaa keadaan Pantai Teleng Ria sekarang. Semoga sih jauuuuuuh lebih baik. Amiiiiin :))
Banyak sampah :(
But, apapun yang terjadi kayanya gak afdol kalo kita gak foto-foto sambil berburu senja di sini.



Ohya, di sini juga kita sempet makan-makan gitu di warung-warung deket pantai. Menunya sih yaaa standar aja, kaya nasi goring, mie, soto, ayam goreng, dll. Jadi, buat lu yang mau main ke sini gak usah takut kelaparan yaaaaa hehe

Kembali ke Rumah Bule .

Capek seharian main keliling di Pacitan, akhirnya kita balik juga ke rumah bule Ica. Seperti biasa kita bisanya cuma ngerepotin hehe kita di kasih makan daaaaan tahu tuna!

Jadi, tahu tuna itu salah satu oleh-oleh khas Pacitan yang dibuat dari ikan tuna. Kalo dari penampakan dan rasanya sih gak jauh beda sama batagor yang khas Bandung itu. Tapi, karena waktu itu kayanya gue lagi laper dan tahu tunanya juga masih panas. Jadi, kerasanya wueeeenak banget! Dan bikin nagih haha gue jadi suka titip tahu tuna ini kalo ada yang ke Pacitan. Sayang, waktu itu gue gak bawa tahu tuna buat oleh-oleh saking udah penuhnya tas dan jinjingan gue huhu maklum waktu itu gue belum pinter packing. Jadi, bawa tas yang segede gitu juga kaya percuma padahal isi bawaanya mah sedikit.

Finally, ini adalah  akhir perjalan dari Tour de East Java gue huhu sedih sih sedih karen gue harus balik lagi ke kehidupan nyata (ceilaaah) :p

Setelah kita nginep semalem di Pacitan, kita pun dianterin sama bulenya Ica ke Jogja (lagi-lagi ngerepotin) haha kita sengaja naik keretanya dari Jogja. Selain, karena emang di Pacitan gak ada stasiun kereta, trus kita juga biar bisa modus dikit main-main di Malioboro hehe
Perjalanan Pacitan – Jogja ternyata gak jauh-jauh amat, sekitar 3-4 jam kita udah nyampe Jogja. Seneng bisa ke sini lagi, meskipun cuma transit doang.

Jogja .

Sambil nunggu jadwal keberangkatan kereta, kita manfaatin waktu buat beli oleh-oleh hihi yaaa kalo buat gue pribadi sih sekalian menebus dosa waktu itu ke Jogja yang gak sempet beli oleh-oleh. Makanya, gue beli banyak buat mamah, teteh, mamah apih, sampe keponakan hehe

Malioboro
Sempet makan dulu di sini
Seperti biasa, gue satu-satunya orang yang harus terpisah sama rombongan lainnya. Gue beli tiket ke Bandung, mereka beli tiket ke Jakarta. Gue ke Stasiun Tugu, mereka ke Stasiun Lempuyangan.

Kereta gue jadwalnya lebih cepet dari mereka. Makanya, gue yang duluan memisahkan diri dari rombongan huhu L Untung sebelumnya gue udah pernah main ke Stasiun Tugu, jadi gak serem-serem banget walaupun sendirian. Good bye, my friends! Gue bakalan kangen banget sama travelling ini. Semoga kita bisa travelling bareng lagi yaaaa :D

Di kereta api, gue tepar.

Bandung .

Alhamdulillah nyampe Bandung juga. Seperti biasa, gue nunggu dijemput bapak hihi

No comments:

Post a Comment