Wednesday 10 July 2013

Indonesia Bercerita: Exciting Jogja! (Part 1)

29 Juni 2013. Akhirnya gue jadi juga pergi ke Jogja. Meskipun harus meninggalkan dua agenda rapat (ciyeeee sok sibuk) haha. Jam 6 pagi gue bersiap-siap meluncur ke stasiun kereta Kiaracondong dan seperti biasa diantar oleh bapak gue tercinta. Kali ini gue kembali memutuskan untuk menggunakan moda transportasi kereta api yang akan menemani gue menuju kota Jogja. Ya, hari ini gue pergi sendiri ke Jogja menyusul kedua sahabat gue (Arin dan Muty) yang telah meluncur ke sana kemarin lusa. Karena itu pula lah, gue memutuskan untuk naik kereta "Si eksekutif" yang cukup bikin gue merogoh kocek dalem-dalem. 

Tiket Lodaya Pagi


Jam 7 tepat seperti yang telah dijadwalkan, kereta Lodaya Pagi akhirnya datang dari arah barat. Gue segera beranjak dari ruang tunggu dan berdiri di dekat kereta berhenti. Suasana yang sama ketika gue masuk ke dalam kereta. “Si eksekutif” ini tak jauh berbeda dengan kereta Malabar yang dulu membawa gue pulang dari Kediri. Motif sarung joknya pun bahkan sama. Pelayanan yang ramah, tempat duduk yang rapi dan AC super dingin, serta bonus ‘colokan’ listrik menjadi fasilitas andalan “si eksekutif”. Bahkan pagi itu, ada bantal dan koran gratis yang telah tersedia di tempat duduk gue.



Kalo yang ini colokannya beneran nyala nih, gak kaya di kereta "Si ekonomi" :)


Inilah yang menjadi salah satu titik paling menyenangkan dan membuat gue jatuh cinta dengan kereta api. Kecepatannya yang tinggi dan bebas hambatan alias macet, serta pemandangan yang indah nan hijau disuguhkan selama perjalanan panjang ini.

Tujuh jam perjalanan yang ditempuh oleh “si eksekutif” ini nyatanya tetap membuat gue merasa bosan meskipun telah disuguhi berbagia faslitas ‘wah’ dan serba mewah. Berkali-kali Muty menelepon gue menanyakan posisi gue sekaligus ngajak ngobrol gue sih, biar gak bosen katanya. Tapi tetep aja, rasanya Jogja masih sangat jauuuuuuh dari pandangan mata. Alhasil apa yang bisa gue lakukan selain tidur? Ya tidur, tidur, tiduuuuuuur.

Jam setengah 3 sore, akhirnya kereta ini berhenti juga di stasiun Yogyakarta. Waaaah, cita-cita dan obsesi gue dua tahun lalu yang pengen banget ke Jogja akhirnya kesampaian juga. Turun dari kereta, gue cukup ngerasa kagum dan takjub (udah kaya orang desa yang baru ke kota aja). Stasiun Yogyakarta ternyata bagus dan cukup besar, bahkan sudah tersedia dan dilengkapi dengan tempat-tempat makan modern.

Setelah shalat Dzuhur, gue langsung menuju ke pintu keluar. Di sana, sudah ada Arin dan Muty yang “nyambut” kedatangan gue. Aaaaah bukannya gue dipeluk atau “disambut” dengan penuh suka cita, eh malah gue diomelin. Katanya gue lama banget -____- Tapi by the way, akhirnya perjalanan Jogja ini sudah resmi dimulai dengan personil lengkap J Well, seperti para turis lainnya sebelum meninggalkan stasiun, kita foto-foto dulu di depan stasiun Yogyakarta biar afdol gan. Smile! :D
  
Gue sama Muty



Gue sama Arin


Perjalanan Jogja ini dimulai dengan menyusuri Jalan Malioboro yang ternyata gak jauh dari stastiun Yogyakarta (alias stasiun Tugu). Katanya Muty mau beli sandal cro*cs juga di Pasar Bringharjo. Yo wis, sebagai pendatang baru gue jabanin aja. Toh gue juga masih seneng-seneng aja menikmati suasana sore di Malioboro. Padet sih, banyak orang di sana-sini. Tapi gue ngerasa seneng aja. Rasa budaya ‘Jawa’-nya juga kerasa kentel banget. Semua yang ada di sini gue rasa udah diatur sedemikian rupa. Mulai dari penataan para pedagang, tukang becak, delman, parkir motor, bahkan untuk para pejalan kaki. Tapi, satu hal yang kurang di sini menurut gue sih minimnya tempat sampah. Gue aja mau buang bekas botol minuman susahnya minta ampun, deuuuuuh -____-

Sekitar 15 menit berjalan-jalan sore di Malioboro, akhirnya gue sampai juga di Jalan Ahmad Yani, tempat Pasar Bringharjo berada. Menurut kabar yang gue dapet, barang-barang di sini tuh murah-murah, bahkan lebih murah dibandingin Malioboro. Tapi ya kita inget lagi aja tujuan utama kita ke sini buat nyari sandal cro*cs Muty hehe Eh bukannya sendal cro*cs yang didapet malah sendal batik sepanjang mata memandang. Bener-bener tradisional banget deh di sini. Tapi bagus sih menurut gue, emang inilah daya tarik dari Kota Jogja.

Perjalanan sore ini dilanjutkan kembali dengan berjalan kaki menuju Benteng Vredeburg. Dengan tiket 2000 rupiah saja kita udah bisa masuk ke sini. Gak banyak sih yang bisa kita lakukan di sini selain foto-foto (dasar narsis :p) Di depan gerbang masuk Vredeburg aja kita udah foto-foto, dilanjut lagi di dalem sana. Haduuuuuuh -____- Cukup lama sih kita di dalem sini, sampe gak kerasa kalo sekarang udah jam 5an.  

Di dalem diorama nih (di benteng Vredeburg)



Masih di dalem diorama nih



Hormat dulu sama pahlawan



Di depan benteng Vredeburg



Sama patung Jenderal Soedirman nih kalo gak salah :p


Naaah seru kan main di benteng Vredeburg? Cukup dengan 2000 rupiah, kita udah bisa foto-foto sepuas hati kita *salah fokus* sambil belajar sejarah juga pastinya haha *ngeles* So, mari visit Vredeburg 2013! :D (serasa duta pariwisata) Setelah dari benteng, kita pun memutuskan untuk menikmati suasana sore di kawasan titik nol Jogja ini, apalagi yang dapat dilakukan selain foto-foto :p
Di kawasan titik nol



Di depan kantor pos



Di depan monumen... (baca sendiri aja lah di fotonya :p)



Yang bikin gue aneh di kawasan titik nol apa coba? Masa ada mbak kunti naik sepeda? -____- Ternyata lagi ada komunitas zombie gitu di sini hihi takut sih, tapi lucu juga kalo gue foto bareng mereka. Niiiiiiih cewe-cewe setrong dan pemberani beraksi :)))



 Mukanya udah pada kucel ya? Wahahaha gak apa-apa yang penting tetep narsis :p

Homestay kami berada di dekat kampus UGM (mantan kampus impian gue nih) *hiks* Untuk menuju ke sana, kita harus naik Trans Jogja dulu. Prinsipnya sih hampir sama kaya mobil trans-trans lainnya (kaya Trans Pakuan Bogor atau Trans Jakarta), kita harus nunggu dulu di halte-halte yang telah tersedia di berbagai titik di Jogja. Tiketnya juga terjangkau kok, cukup dengan 3000 ribu rupiah, you guys udah bisa muterin kota Jogja sesuai hati Anda.

Suasana halte bener-bener penuh sama orang, mulai dari pendatang dan orang Jogja asli. Setiap ada Trans Jogja yang dating, semua langsung berebutan masuk ke dalamnya. Udah semacam pasar aja nih halte, padahal ukurannya gak gede-gede banget -____- Ohya, Trans Jogja yang mau gue naiki itu yang nomor 3A katanya, tapi harus transit lagi sih di (gue lupa namanya) buat naik yang nomor 3B. Eh tapi gue udah nunggu hampir sejam, itu bis yang 3A jarang banget dateng, sekalinya ada pasti selalu penuuuuuh, bikin gue putus asa. Alhasil Arin nanya lagi tuh sama penjaganya. Dan ternyata katanya bisa juga naik yang 2A terus transit di Dr. Yap baru naik 3B. Kabar baguuuuus nih :D Enggak lama dari situ bis 2A datang juga, peminatnya gak sebanyak yang 3A. Jadi kita bisa langsung masuk. Haaaa rasanya gak bisa digambarin, akhirnya gue bisa tidur juga (setelah perjalanan panjang dari Bandung kan gue belum balik-balik ke homestay, malah diajak muter-muter Malioboro).

Buat ngeyakinin lagi, kita pun bilang tuh ke kondekturnya (?) kalo kita mau turun di transit 3B (maklumlah turis :p), terus si kondekturnya ‘meng-iya-kan’ request kita. So, kita pun tenang-tenang aja tuh naik Trans Jogja sambil menikmati setiap langkah perjalanan malam di Jogja.

Yaaaaaa seperti angkutan umum lainnya sih, satu per satu penumpang ada yang naik ada yang turun. Tapi ya kalo gue masih di situ aja belum turun-turun juga, padahal udah hampir 45 menit. Sampai suatu ketika ada tuh bapak-bapak yg nanya ke kita “Mbak, turun di mana?”, terus temen gue jawab “Transit 3B pak.” Sambil terus haha-hihi (biasa turis udik, naik Trans Jogja aja riweuh banget haha mana bawa-bawa ransel segede-gede apa lagi). Tiba-tiba ada mas-nya yang bales jawab “Loh, kan yang tadi saya naik itu transit 3B”, dan kita bingung. Dari tadi kan itu kondektur gak ngasih kode apa-apa kalo kita udah lewat halte transit 3B. Kita bertiga langsung “memandang” wajah kondekturnya. Eh dianya watados aja -_____- temen gue langsung ngomong kan “Mas, kok gak bilang sih kalo kita udah lewat transit 3B?” dan si kondekturnya bilang “Nanti di depan juga ada halte yang transit 3B lagi kok, ya sekitar 7 halte lagi.” Atuuuuuuuuuh euy -_____- Dari situ gue bête sebete-betenya. Dan jeleknya gue, kalo lagi bête sama satu orang jadi kebawa bête juga sama Arin dan Muty. Aaaaaah maapin yaaa :(

Akhirnya kita sampai juga tuh di halte transit 3B yang entah di daerah mana. Bener-bener kaya orang bego. Sambil nunggu bis yang 3B, gue minjem peta rute Trans Jogja tuh ke Arin. Dan ternyata, Trans Jogja nomor 2A itu telah sukses membawa kita keliling kota Jogja. Ha-ha K But well, setelah sekian lama menunggu, bis 3B itu akhirnya datang juga. Sekitar 20 menitan dari situ, kita udah sampai ke homestay. Thanks God! J It’s really a long long journey. Selamat malam Jogja! :)))

BNI ketika malam (foto diambil dari depan Monumen Serangan Umum 1 Maret)



Kawasan titik nol ketika malam (foto diambil dari depan kantor pos)




No comments:

Post a Comment