Saturday 13 July 2013

Indonesia Bercerita: Exciting Jogja! (Part 2)

Good morning, Jogjaaaa! Ah rasanya gue seneng banget pagi-pagi gini udah bisa menghirup udara di Jogja yang lumayan masih sejuk sih (kalo di homestay gue) hehe Today is my second day here. And today we will go to the beach. Wooooooo! :O Gue seneng banget, soalnya udah hampir dua tahun terakhir ini gue gak pernah main ke pantai lagi *pukpuk*

Jam 8an, kita dijemput nih sama cowo-cowo kece (temennya Muty itu), panggil saja “Geng Cosmad”. Awal ketemu mereka sih, gue malu-malu kucing gitu haha secara gue kan gak kenal sama satu orang pun. Terus tiba-tiba disuruh milih, mau naik motor (re: boncengan) sama siapa. Laaaah kan gue gak tau orang gak kenal  .__. Dan udah kaya orang bego gue saling lempar tuh sama temen gue (Arin), gue bilang “terserah aja” sambil masang wajah yang pasrah haha akhirnya ya gue jadinya boncengan sama cowo yang namanya Andi. Arin sama Cokro, Muty dan Anto, Reyhan bareng Asrul.

Sebelum cerita lebih lanjut, kenalan dulu nyok sama personil “Geng Cosmad” :)

Cokro, ketua Geng Cosmad. Orang Cimahi yang kuliah di Teknik UGM. Tapi orangnya Jawa banget, secara emang orang tuanya juga dari Jawa -___- Bener-bener baik bangeeeeeeeeet deh orangnya udah gak paham lagi deh gue. Dia lah orang yang “ngerayu” temen-temen satu kosannya buat jadi guide kita sekaligus memberikan “tebengan” buat kita keliling Jogja. Terharuuuu *hiks* Ohya, dia juga loooooh yang nyariin homestay buat kita. Baik kaaaaaan?

Andi. Cowo yang badannya “sedikit” besar ini asli wong Magelang. Dari pertama kali gue dibonceng dia, Andi cerita Magelang teruuuuuuuus. Bener-bener duta pariwisata Magelang deh kayanya. Sekarang dia kuliah di Fakultas Geografi UGM. Hobinya dengerin lagu metal khusunya aliran gothic, ethnic, sama black metal. Kalo naik motor, selalu deh jadi yang paling belakang di rombongan -___-

Anto, anak filsafat UGM. Dari Jakarta tapi katanya keluarganya dari Tegal (eh pokoknya yang ngapak-ngapak gitu deh gue lupa) Meskipun orang Jakarta, dia gak “sok” orangngya malah nge-jawa banget. Bahasa jawa nya aja lancar banget hehe paling deket sama Muty dan sering banget (kayanya selalu deh) ngeboncengin Muty.

Asrul. FKH UGM 2012. Bang batak ini personil baru “Geng Cosmad” sih katanya. Dia juga ngakunya dari Medan tapi udah pinter banget ngomong bahasa jawa. Kalo naik motor sama dia, wiiiiiiih serasa melayang. Turun-turun rasanya mau pingsan, ngebut banget gan -____- Anak rajin kayanya, masa lagi liburan juga dia bawa-bawa slide, modul kuliah gitu -__-  ya gue paham sih dia masih ujian, tapi gak gitu juga kaleeeeeeee :p


Ehya, Geng Cosmad ini katanya terbentuk karena adanya rasa senasib dan sepenanggungan gitu hehe dan kebetulan mereka ngekos di satu tempat yang sama. Ih seru ya? Coba gue punya temen kosan kaya gitu.

Naaaah satu lagi nih yang kurang, bukan personil Geng Cosmad sih, tapi dia lah yang berjasa mengenalkan kita dengan mereka hehe temennya Muty dari Bandung, anak Polban. Orang Cimahi juga. Temennya Cokro. Namanya Reyhan hehe kayanya kalo kita ke Jogja gak bareng dia, kita gak akan kenal tuh sama Geng Cosmad :) Dia nginepnya di kosan Cokro, jadi gak di homestay kaya kita.

Back to the story nih. Tujuan kita sekarang katanya mau ke pantai di daerah Gunung kidul. Katanya, pantainya masih bagus dan bersih, gak rame dan gak banyak orang kaya di Parangtritis. Pasirnya juga pasir putih. Jadi seru deh katanya. Yaaa sebagai pendatang sih, kita mah ikut-ikut aja. Menurut info yang gue dapatkan, dari homestay ke pantai itu kira-kira jaraknya 70 km. Segimana ya itu? Hmmmm, okeeeey lah siapkan tenagamu nak!

Banyak hal yang gue obrolin sama Andi (kan gue boncengannya sama dia). Mulai dari kuliahnya di UGM gimana, tentang Jogja dan tentang Magelang (selalu). Satu fakta nih yang baru gue tau tentang Jogja. Ternyata di Jogja itu banyak waria (re: banci atau bencong sama aja). Gak pagi gak siang gak malem udah mulai beroperasi. Kata Andi, waria di sana tuh nyeremin. Kenapa? Soalnya masih berotot gitu dan mukanya masih sangar kaya cowo. Demennya nyolek-nylek cowo gitu kalo gak ngasih uang kalo misalnya lagi ngamen hihi serem ya. Pantes aja pas di SPBU menuju pantai sekitar jam 9an, gue udah liat waria di lampu merah *geleng-geleng kepala*

Perjalanan menuju pantai ini, hmmm lumayan sih. Lumayan bikin badan gue pegel banget! Sejam dua jam, belum nyampe juga. Ohya gue sempet nanya tuh ke Andi, “kalo mau ke pantai naik angkutan umum naik apa ya?”. Terus dia jawab, “ya kamu liat ada kendaraan umum gak dari tadi?”. “Enggak” jawab gue. Emang sih gue perhatiin juga emang gak ada kendaraan umum kayanya buat ke pantai -____-

Jam 12an akhirnya kita sampai juga di pantai. Woooooo! Apa ya nama pantainya? Bukan pantai Indrayanti bukan. Gue lupa sumpah deh, maap yaaa :( Dan emang WOW banget bro, pasirnya putih dan pantainya bersih banget. Gak terlalu banyak orang juga di sini jadi gak pusing .___. Banyak karang-karang gitu, indah deh. Tapi ombaknya gede banget. Emang bukan pantai yang buat berenang gitu sih kayanya. Ya paling buat main-main air gitu aja sambil foto-foto. Yuhuuuuuu! :D


Ada Andi tuh kebawa :p
Pas lagi nunggu Reyhan, Cokro, sama Asrul shalat nih, kita (gue, Arin, Muty, Anto, dan Andi) duduk tuh di bale-bale gitu. Gue nanya ke Muty, “Ini bayar gak?”. Terus Muty nanya lagi kan ke Anto sama Andi. Kata mereka sih gratis. Yaudah gue duduk tuh. Kan gue takutnya bayar kaya di Pangandaran. Bangku di pinggir pantai tak bertuan itu ternyata disewakan dan bayar, gak banget kan? Eh ternyata udah hampir 10 menitan duduk di situ, ada ibu-ibu dateng nawarin makan dan minum dan ujung-ujungnya ternyata itu bale-bale bayarrrrrrr zzz akhirnya kita pun pindah dan mencari “lapak” lain hehe

Nih kita sempet foto-foto dulu di bale-bale :p


Andi-Reyhan-Cokro
Seru banget deh intinya main-main di pantai, masih bersih soalnya. Masih lumayan asli gitu gak terlalu banyak fasilitas modern gitu. Gue aja gak kerasa udah jalan-jalan di pantai dari ujung ke ujung. Agak capek ya jalannya, soalnya pantainya itu gak datar kaya pantai pada umunya, tapi miring hihi unik kan?
Asrul-Muty-Andi-Gue-Arin (yang motoin Anto :p)
Kita jalan sampe gak kerasa nih sampe ke kaya suatu karang gitu (semacam di batu hiu looooh). Anak cowonya pada ngajakin naik. Katanya pemandangannya bagus, bisa liat batu kodok. Tapi taunya pas mau naik, ada yang jagain gitu (tapi illegal deh kayanya). Masa dia ngasih tariff seribu satu orang. Bukan masalah uangnya itu sih, tapi ya kapitalis banget yang gituan aja ditarik pungli. Aduuuuuh -___- tapi ujung-ujungnya kita bayar 5rb doang untuk 6 orang hehe berkat si Bang Batak :D

Pemandangan dari atas karang emang bagus banget :)Ngeliat ke laut, aduuuuuh biru banget gak berujung. Subhanallah. Seperti biasa, kita pun foto-foto lagi di sini. Say cheese!
Nih keren kan bro?



Anto-Andi-Muty-Gue-Arin
(Sayang ngeblur, anginnya gede sih :p)
Si Andi ngajakin lagi nih main ke pantai di balik karang ini, pantainya emang lebih sepi dari pantai sebelah hehe makanya lebih bagus. Pasirnya juga lebih lembut. Kita bahkan sering banget nih nemuin yuyung (?) apalah itu namanya gue gatau haha pokoknya sejenis kepitig kecil yang warnanya nyaru kaya putihnya pasir pantai. Lucu ya?

Nih foto yuyung (?) Karya Arin hihi



Sekitar jam 4an, kita mutusin buat balik lagi nih ke homestay. Takut kemaleman juga, soalnya medan di jalannya itu bro agak nyeremin. Tapi pulangnya kita muter nih jalannya ngelewatin pantai Indrayanti (masih penasaran sih). So lucky I am gak ke sini. Pantai Indrayanti udah penuh bro. Bener-bener udah dikelola jadi objek wisata. Banyak resort-resort yang dibangun juga. Bener kata Andi, pegunungan kapur di sekitar pantai udah dijadiin parkiran. Ih sayang banget :(

Gara-gara jalannya muter dulu ke Pantai Indrayanti jadi jauuuuuuuh lagi. Pas jam setengah 7an (maghrib) kita singgah dulu tuh ke bukit bintang. Sebenernya “bintang” di situ kaya lebih nunjukkin ke kemilaunya pemandangan lampu-lampu di kota. Makanya namanya bukit bintang. Hmmm, bukit bintang ini sebenernya lebih kaya Punclut sih menurut gue kalo di Bandung. Bedanya, di sini tuh gak ada menu makan nasi merah sama nasi hitam. Yang ada menunya cuma nasi goreng, mie, ayam goreng, sama jagung bakar. Jadi kangen Punclut kan :’) Kita istirahat dulu trus makan juga di sini. Kalo gue sih cuma beli susu coklat hangat hehe gak punya uang soalnya. Eh taunya semuanya dibayarin Cokro. Ah jadi gak enak kan :( untung gue cuma beli susu coklat :p Ohya, pas di sini kita kehilangan jejak Asrul sama Reyhan. Waduuuuuuuuh

Pas mulai nyampe “kota”, kaya ada semacam pasar malam gitu. Ada korsel, bianglala, dan semacamnya. Andi juga sempet ngajakin gue ke sana sih. Ah tapi enggak ah, udah capek banget gue. Lagian gak enak juga sama dia soalnya kan besok dia ujian haha santai banget dah itu orang. Sama kaya bang Asrul juga besoknya ujian. Makanya dari tadi pas di pantai dia ngebet banget pengen cepet pulang.

Sebelum pulang ke homestay, kita mau makan dulu nih. Si Muty mau nyobain mie dokdok (bener gak sih?) Makanya kita dibawa ke burjo gitu di salah satu kawasan kosan anak-anak UGM. Kalo kata Andi (lagi), burjo itu bukan cuma jual bubur kacang ijo, tapi ada macem-macem kaya nasi goreng dan mie dokdok itu. Katanya burjo itu udah kaya semacem virus gitu, di setiap blok katanya pasti ada burjo. Dan setiap burjo itu punya warna cat dengan motif yang sama haha awalnya gue juga gak percaya. Tapi pas udah liat, ternyata emang beneran looooooh wahaha lucu aja sih. Kalo di sini sih gue cuma makan nasi telor. Gak mood sih udah ngantuk juga soalnya. Pengen mie dokdok, tapi dari kemarin mie mulu makannya. Dilema anak gizi :(

Finally, kita nyampe juga di homestay. Capek banget nih badan. Pegel-pegel sih lebih tepatnya. Tapi Muty sama Anto katanya mau nyari kopi joss dulu. Yo wis gue mah mau tidur aja ah sama Arin.

Gak lama kita tiduran, sekitar 15 menitan, ada yang ngetuk pintu kamar kita tuh. Kirain Muty udah balik (tapi kok cepet banget ya?) Dengan sigap, Arin bangun tuh terus liat ke jendala. Dan ternyata? Jeng jeng! Reyhaaaaaaaan. Ah semuanya pada riweuh. Kan kita berdua lagi gak pake kerudung. Akhirnya karena baju gue yang masih lengkap (tinggal kerudungan doang), gue yang bukain pintu. Eh pas buka pintu, gak ada orang dooooong. Arin nanya tuh sama anak kecil (kamar sebelah), “dek, tadi ngeliat orang gak?”. Terus dengan polosnya anak kecil itu bilang, “enggak kak.” Jeng jeng!

Kita berdua panik dong bro. Tapi Arin yakin banget kalo yang tadi itu Reyhan. Dengan sigap gue langsung lari ke bawah menuju parkiran, dan gak ada Reyhan. Gue sampe kejar ke jalan raya (siapa tau keliatan punggungnya doang), dan gak ada juga. Gue pun balik ke kamar dan bilang ke Arin, “gak ada Reyhan, Rin.” Tapi Arin keukeuh banget kalo yang tadi itu Reyhan. Dia bilang gini “Arin yakin banget kok yang tadi itu Reyhan. Bajunya aja sama kaya yang tadi dipake ke pantai, helm nya juga. Rika tadi denger kan ada suara cowo?”. Jujur sih gue cuma denger suara orang yang ngetok pintu aja. Makanya gue bilang, “gak begitu denger sih rin.” Kita berdua bener-bener panik lah, udah mikir yang macem-macem. Dan JENGG! MATI LAMPUUUUUU PEMIRSAAAH!

Kita berdua udah semakin kacaulah pikirannya. Terus Arin keluar kamar dan bilang, “Ka, yang mati lampu cuma di lantai dua aja ka, yang bawah enggak.” Nahloh? Semakin panik lah kita sampe akhirnya pintu kamar dibukain hehe untung aja gak lama mati lampunya. Akhirnya terang kembali. Tapi kita masih penasaran tuh sama yang tadi :/

Gue pun ngasih ide ke Arin buat sms Reyhan, ya buat mastiin aja gitu. Tapi Arin gak punya nomor Reyhan ternyata. Ya Alloh L Makin kalut lah kita (ciyeeeee bahasanya) haha akhirnya gue ngasih ide lagi tuh, Arin sms Cokro, gue sms Andi. “Cokro, Andi, ada Reyhan gak di kosan?”

Agak lama juga sih nunggu balesan dari kedua cowo itu, gak tau apa kita di sini “agak” parno. Tiba-tiba handphone Arin bunyi tuh, ada balesan dari Cokro. Gue lupa isi lengkap SMS nya apa. Yang intinya sih “tadi Reyhan di luar sih, tapi sekarang udah ada di kosan.” Hufffftttttttt legaaaaaa Ya Alloh. Ternyata yang tadi itu beneran Reyhan J

Usut punya usut, malem itu Reyhan emang ke homestay kita buat mastiin aja sih, apa kita udah pulang apa belum. Uhhh so sweet :p Ternyata dari tadi tuh Reyhan sama Asrul nungguin kita di pinggir jalan. Makanya kebalik deh yang balik duluan nyampe ke homestay malah kita hehe

Thanks for today Jogja and also Geng Cosmad! Nice day :D

2 comments:

  1. Cerita tentang jogjanya, kayaknya rame banget ka :bd
    Jadi kabita hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa bay emang seru banget :D Aku juga rasanya pengen ke sana lagi :3

      Delete