Friday 19 July 2013

Indonesia Bercerita: Exciting Jogja! (Part 3)

Hari ketiga di Jogja, wooooo! Seperti biasa jam 8an kita udah kece padahal gatau deh rencananya mau ke mana :/ Buka-buka peta Jogja sambil nge-list tempat mana aja yang belum kita datengin. Dan ternyata masih banyaaaaaaak hehe akhirnya pilihan kita jatuh ke tiga tempat sih, antara Candi Borobudur, Prambanan, dan Candi Ratu Boko.

Dari segi transportasi, Candi Prambanan sama Ratu Boko emang lebih gampang sih. Kita tinggal naik Trans Jogja yang jurusan 1A. Naaaah kalo mau ke Borobudur, kita gatau naik apa. Kan lagian jauh juga di Magelang. Itu perbandingan yang pertama. Kedua, harga tiketnya. Ke Candi Borobudur itu katanya 30an kalo ke Prambanan 60 ribuan, pokoknya lebih mahal Prambanan deh (kata Muty). Tapi kalo kata Cokro sama aja, paling 30-40 ribuan.

Kalo gue sama Arin sih sebenernya pengen ke dua-duanya (candi Borobudur dan Prambanan), meskipun agak mikir juga sih keluar budget nya lebih banyak. Bukan sok kaya juga -______- kalo Muty, pengennya ke Borobudur. So, akhirnya kita mutusin buat ke Borobudur aja. Ngirit uang juga sih maksudnya :p

Sebelum cus ke Candi Borobudur, kita nanya-nanya dulu nih ke Cokro jalan ke sana. Kan kalo Trans Jogja rutenya gak sampe Magelang :/ Eh malah akhirnya Cokro nawarin ke sana barengan naik motor. Emang baik banget loooooh J Tapi nunggu Andi dulu yang masih ujian dan baru kelar jam 12. So, akhirnya kita janjian jam 12 deh buat ke Borobudur nya.

Nah tapi rasanya agak mubadzir juga ya kita udah kece sepagi ini dan cuma diem di homestay. Kan wasting time banget. Alhasil kita berencana buat nyari sarapan ke Malioboro (?) Gileeeee jauh banget yak mau sarapan doang haha eh tapi ternyata, katanya Muty mau makan bakso di sekitaran UGM. Gatau deh di daerah mananya. Katanya, bakso gede gitu enak dan murah. Sejujurnya sih gue pengen makan nasi (lagian masa pagi-pagi udah makan bakso). Terus gak enak juga sih, soalnya Muty janjian sama Anto. Hmmmmmm K

Yaudah deh gue dan Arin jadi “terdampar” berdua dan akhirnya memiliki “rencana jahat” hihi kita jadinya mau ke Prambanan tuh, tapi gak bilang ke Muty kalo kita mau ke sana. Kita bilangnya mau keliling-keliling naik Trans Jogja haha *devil* (Sssttttttt, sampe sekarang Muty gatau kalo kita ke Prambanan looooh) Peace! :D

Okeeey, perjalanan pertama kita naik bis 3B yang haltenya gak jauh dari homestay kita nih. Tanya-tanya petugasnya juga kalo ke Prambanan gimana. Katanya sih nanti tinggal transit di… (aduh pikun gue kambuh hehe) dilanjut transit naik yang 1A. Dari halte prambanan itu, kita tinggal nyebrang trus jalan kuranh lebih 1 km. Yaaaaa lumayan deket lah ya.

Perjalanan homestay ke Prambanan kira-kira 1 jam. Kita baru nyampe ke Candi Prambanan jam setengah 11an. Makanya kita nego tuh ke Cokro kalo kita janjiannya jam 1 aja di Malioboro. Yaaa maksudnya sih biar kita lebih bisa lamaan gitu di candinya hehe

Tiket masuk Candi Prambanan itu sekitar 30 ribuan, sedangkan untuk tiket terusan ke Candi Ratu Boko itu sekitar 45ribu. Berhubung waktu kita gak banyak (sok sibuk) jadi kita beli tiket ke Candi Prambanan aja.

Pas masuk, gileeeee panas banget (mengingatkan waktu SD gue ke Borobudur). Untung gue bawa payung haha kebiasaan di Bogor sih :p sebelum masuk ke kompleks Candi Prambanan, kita dikasih kain gitu. Jujur sih, gue masih gak ngerti maksudnya apa. Mungkin biar menutup aurat kali yeeee.

Dan seperti kebanyakan pengunjung yang lain, kita foto-foto dulu nyoooook J Di sini kita gak banyak sih foto-fotonya, soalnya kita takut kalo pake kamera Muty nanti ketauan deh bohongnya haha jadinya kita cuma foto-foto pake kamera handphone gue yang gak seberapa bagusnya. Yang penting ada dokumentasinya lah yaaaaa :p



Ohya, sempet nih foto sama bapak-bapak gitu, 15ribu kalo gak salah harganya 



Beberapa candi di kompleks Candi Prambanan itu kaya lagi masa pemugaran dan diperbaiki. Mungkin itu masih sisa-sisa dari gempa Jogja beberapa tahun lalu kayanya. Ehya, waktu gue mau ke candi yang paling besar (lupa lagi deh namanya, ketauan nilai sejara gue jelek -___-), gue baru tau kalo kita harus antri gitu nunggu helm dan orang yang diperbolehkan masuk juga dibatasi, sekitar 50 orang. Mungkin biar gak runtuh candinya karena keberatan muatan hehe

Gue ngerasa kaguuuuuuum banget sama yang bikin ini candi, itu bangunannya bagus banget dan kayanya cuma batu-batu gitu (gak pake semen) tapi bisa berdiri dengan kokohnya. Wow! Udah gak ngerti lagi lah gue betapa saktinya orang-orang zaman dulu. Di beberapa dinding candi, dipasang alat pendeteksi retakan gitu. Yaaaa ini salah satu alat “pengaman” dari candi ini sendiri sih.

Pas gue sama Arin lagi seru-serunya main di Candi Prambanan, tiba-tiba Muty nelepon. Waaaah panik lah kita. Kita pun mutusin buat cepet-cepet pulang. Padahal gue pengen naik sepeda sama naik kuda L *gak penting* Rencana mau makan sop ayam Pak Min Klaten di seberang Candi Prambanan pun gak jadi saking buru-burunya. Dan saking buru-burunya juga kita naik bentor gitu (becak motor) sampe halte. Gue lupa berapa ongkosnya. Padahal tadinya mau ngirit uang.

Alhamdulillah, setelah sekian lama nunggu di halte, bis 1A datang jugaaaaaa. Baru tuh kita berani angkat telepon Muty hehe dia bilang sih janjiannya di depan Monumen yang waktu itu kita ketemu zombie. Kita pun meng-iya-kan request-an Muty. Selama di Trans Jogja, gue dan Arin buka-buka peta sambil ngarang cerita. Takutnya ditanyain (emang beda ya kalo orang bohong). Setelah perdebatan yang cukup panjang, akhirnya kita memutuskan cerita bahwa kita dari tadi main ke AMPLAS alias Ambarukmo Plaza. Wong edaaaaan -_____- mall mah di Bandung juga ada atuh euy wahaha

Pas, pas banget jam 1 kita udah nyampe tuh di halte 3 Malioboro yang deket Monumen Serangan Umum 1 Maret. Kita pun turun di situ. Dan cari-cari Muty ternyata masih sama Anto. Cokro dkk belum dateng ternyata. Akhirnya gue dan Arin mutusin buat cari makan dulu. Soalnya laper banget dari pagi belum makan, kasian L *hiks*

Gue dan Arin niatnya sih mau makan sate yang dijual ibu-ibu gitu deket Benteng Vredeburg. Kabita sih asapnya wangi banget hehe eh tapi pas ditanya ternyata harganya 10 ribu zzz mahal banget. Mana daging satenya kecil-kecil lagi mending di Bandung sekalian deh.

Perjalanan dilanjutkan menuju Pasar Bringharjo. Akhirnya kita menemukan tukang pecel! Kita pun memutuskan untuk makan disitu. Eh ternyata pecelnya 7 ribuan. Ih mahal banget. Mana beda lagi sama pecel yang ada di bayangan gue. Kirain pecelnya sama kaya yang waktu itu gue makan di Kediri. Tapi yasudahlah, itung-itun nambah pengetahuan kuliner. Seperti umumnya, pecel terdiri dari nasi (bisa juga pake lontong), bumbu kacang, sama sayur-sayuran yang banyak rupanya dan gue gak terlalu suka, soalnya aneh-aneh sayurannya. Pecelnya gak ada tempe sama peyek kaya waktu di Kediri L Gue pun nambah menu sama sate telur puyuh yang harganya 3 ribuan. Ujung-ujungnya sih gue makan habis 10 ribu juga. Okeeeey deh, ikhlas *elus dada*

Pas gue balik lagi ke monumen, Cokro dkk belum dateng juga tuh. Gue, Arin, dan Muty akhirnya foto-foto lagi aja disituuuuuuuu





Sekitar jam 2an, Cokro dkk dateng tuh. Bareng personil baru, temen kosannya juga, Wahyu dan pacarnya, yang katanya mau ikut Magelang. Eh tapi kita masih nge-riweuh­-in sesuatu nih. Ternyata Anto mau balik ke Jakarta hari ini jam 3. Gue pribadi gak ngerti rencana Cokro gimana, yang pasti sekarang yang jadi fokus Anto mau ke stasiun aja.

Gerimis. Kita semua “ngungsi” deh di Circle-K seberang Monumen sebelah kantor pos. Sambil nunggu Anto sama Cokro. Dan unfortunately, gue gatau cerita pastinya, Anto ketinggalan kereta. Aaaaaah ngerasa bersalah lah gue, Arin, dan Muty. Kasiaaaaan L Rencana ke Magelang pun nampaknya gak jadi, soalnya udah sore dan masih hujan. God! L Selama beberapa jam kita “terdampar” tuh di Circle-K. Gue gak enak aja sama anak-anak Geng Cosmad. Finally, hujan pun reda. Tapi jamnya udah sore banget. Kalo kita ke Magelang gak akan keburu juga. Candi Borobudur kan tutup jam 4. Kita pun muter otak buat cari opsi lain. Kita? Cokro dkk kaleeeeeee yang mikir hehe maklum lah kita kan turis yang gak ngerti Jogja :p

Ke Prambanan? BIG NO! Hehe you know me so well lah ya alesannya. Alun-alun Magelang? Hmmmm okee aja sih tapi sama aja bakal kemaleman juga nyampenya. Akhirnya kita mutusin buat ke Angkringan aja. Kan katanya juga Arin keukeuh banget pengen tau yang namanya “nasi kucing”. Gue juga sih :D

Sesudah shalat Maghrib, kita pun berangkat ke Angkringan. Personilnya sama kaya waktu kemarin ke pantai tuh. Wahyu dan pacarnya memutuskan untuk pulang. Naaaah dasar konyol kita pun (gue, Arin, dan Muty) gambreng tuh buat nentuin naik motor (re: boncengan) sama siapa. Karena menang, Arin langsung tuh “kabur” ke motornya Andi. Yang masih kosong tinggal motornya Anto dan Asrul. Karena gue pengertian, gue “mempersilahkan” Muty sama Anto. Dan akhirnya gue sama Asrul -______- bukannya apa-apa sih, gue takut dibawa ngebut aja sama dia. Peace!

Perjalanan Circle-K  ke Angkringan, gue sama Asrul gak banyak ngobrol. Lagian canggung juga dan bingung juga sih mau ngobrol apa. Ternyata perjalanan ke Angkringan itu gak terlalu jauh. Alhamdulillah sih. Pas nyampe di Angkringan, kita gak liat Cokro, Reyhan, Muty, sama Anto. Pas ditelepon, ternyata mereka lagi di Jalan Solo arah ke Prambanan gitu. Haaaa? Ngapain? Akhirnya kita (gue, Arin, Asrul, dan Andi) nunggu tuh di Angkringan. Sambil nge-take tempat hehe kalo gue mah cenga-cengo aja, ternyata Angkringan tuh kaya gini toh.

Gak lama, Cokro dkk akhirnya datang juga. Gue pribadi sih bingung mau makan apa. Banyak banget pilihannya. Ada nasi uduk, nasi rames, nasi ayam, dll. Tadinya gue mau ngambil nasi uduk aja. Tapi ya macam belum pernah makan nasi uduk -___- Si Andi ngasih rekomendasi nasi… (lupa lagi kan gue) tapi setelah dijelaskan, gue gak tertarik :/ Dan pilihan pun jatuh pada rekomendasi dari Cokro, NASI GAREH ASIN DAN TELUR MERCON (kalo gak salah sih itu namanya wahaha). Nasi, ditambah sate bakso, tempe, dan es Milo cuma sepuluh ribu rupiah pemirsaaaaah. Haaa? Cuma? Sama aja jatohnya mahal makan nasi kucing teh K Ohya, minuman yang khas sendiri di sini ada minuman tape gitu. Bukan. Bukan es goyobod. Arin sih yang nyoba. Tapi pas gue icip, hmmmmm, gmn yaaaa, hmmmmmm, kalo gue pribadi sih gak terlalu suka hehe Ohya, kalo Muty minumnya beli es jeruk. Tapi yaaa hmmmmm gitu deh gak se-asem yang biasanya disebut ‘es jeruk’ sih :p

Kita lumayan lama nih nongkrong di Angkringan, sambil menikmati satu per satu musisi jalanan yang “pentas” di situ. Gak ketinggalan, tetep narsis cuuuuuy meskipun muka udah kucel banget nget nget!

Andi-Arin-Muty-Gue-Anto
Alaaaaay banget -____-
No flash. Kucel banget yak :p
Iki loh yang namanya Cokro yang baik banget :) Ada Bang Asrul juga yang pake kemeja di belakang :p
Percaya gak kalo Bang Asrul tetep bawa modul kuliah ke Angkringan. Dan dia masih sempet belajar di sana. Salam superrrrrrr bang! :D

Udah semakin larut nih, tapi kita rencanya mau lanjut ke next destination yang entah mau ke mana. Pokoknya hari ini hari terakhir di Jogja harus the best deh. Aaaah sedih mau ninggalin Jogja :’(

Eh tapiiiii, si bang Asrul kebelet pipis dulu tuh. Di Angkringan gak ada toilet umum lagi. Alhasil gue “diculik” dia nyari SPBU gitu. Ya Alloh ngebuuut banget mana hampir ketabrak lagi. Udah serasa naik halilintar banget lah ini -__- Akhirnya kita nemu juga tuh SPBU. Pas Asrul lagi ke toilet, ya gue nunggu di luar aja masa mau ikutan masuk? HA HA. Cokro nelepon tuh kan, nanya, “kalian lagi di mana?”. Yaaah gue jawab aja “lagi di Pom Bensin”. Cokro nanya lagi tuh, “Pom Bensin mana?” Yaaaa meneketehe (re: mana ku tau) lah gue -_____- Terus Cokro bilang lagi “Yo wis, kita tunggu di tempat yang tadi ya.” Okeeeeey dec. Dan gak lama, bang Asrul pun keluar juga. Dan kita back to the Angkringan J

Ohya, pas menuju SPBU, Asrul sempet cerita tuh. Kalo tadi kita ngelewatin tempat makan yang enak banget katanya rasanya itu looooh Jowo banget hehe pantesan pas tadi gue lewat, rame banget gan. Mungkin sebagian kalian udah pada tau lah ya. Nama tempat makannya “House of Raminten”. Ih jadi kepengen ke sana deh :3 Pas gue tanya ke Asrul tuh ya, “eh standar makanan di situ harganya berapa?”. Dia jawab, “%$0*!/&6^4#”. Gue gak denger. Maklum lah lagi di motor. Terus gue nanya lagi kan, “haa? Berapa?”. Asrul jawab lagi, “1@9&6%/>”. Masih gak kedengeran haha emang dasar kuping gue. Dan dengan begonya gue jawab lagi aja. “oh, standar yaaa.” Apanya yang standar coba -______-

Pas udah balik lagi ke Angkringan, Cokro nanya lagi tuh “Rika, mau ke mana?”. Yaaa gue sih bingung cuma bisa bilang “terserah aja aku mah ikut”, syelalu sajaaa jawaban yang gak kreatif. Asrul bilang tuh “ke Alkid aja.” Dan Cokro pun meng-iya-kan, soalnya katanya gue sama Asrul belum ke sana. Kalo mereka sih pas kemarin lusa udah ke Alkid (alun-alun kidul, yang ada pohon beringin kembarnya itu looooooh). Sebenernya gue agak gak enak gitu sama yang lain, mana Si Arin udah keliatan ngantuk banget lagi dari pas di Angkringan. Tapi ya jadinya kita meluncur juga ke sana.

Sebelum ke Alkid, kita ngelewatin alun-alun utara dulu tuh. Tapi kok sepi ya. Pikiran gue juga alun-alun ya kaya gitu. Kata Asrul, kalo di alun-alun utara itu biasanya dipake kalo ada acara-acara Keraton. Ya makanya ramenya kalo Keraton lagi ngadain acara aja. Nah, kalo di Alkid itu lebih rame. Gue pun ‘iya-iya’ aja. Soalnya gak tau juga kaaaaan. Terus dia cerita lagi, “tahun lalu juga aku ngajak temen-temenku main ke sini.” “Oh ya terus?” Tanya gue dalem hati haha jahat banget ya gue :p

Jeng jeng! Ternyata Alkid rame rame banget! Padahal kita ke sana udah malem banget dan ini hari biasa looooooh bukan weekend. Kata Asrul (lagi), “emang di Alkid ini rame terus tiap hari.” “Ooooohhhhh….”, jawab gue.

Pertama, kita mau naik odong-odong. Eits, jangan mikir odong-odong yang maenan buat anak kecil, yang ada lagunya, yang cuma bisa muter-muter di tempat doang. Anto sama Andi pun pergi cari odong-odong yang muat buat delapan orang. Naaaaah gini nih yang namanya odong-odong J


Ohya, ada insiden nih pas naik odong-odong. Gak tau kenapa kita sial banget dapet odong-odong yang rusak. Pas lagi asik ‘gowes’ bukan gue juga sih yang gowes padahal, rantainya copot dong. Alhasil odong-odongnya gak bisa maju kan? Tau kondisi lagi kaya gitu. Eh bapak-bapak parkir suruh kita minggir dari jalan soalnya bikin macet. Tapi caranya itu loh marah-marah gak jelas zzz Okelah kita ke pinggir dulu, terus benerin rantenya. Eh pas dicoba naikin lagi, rantainya copot lagi. Terus itu si bapak parkir marah-marah lagi tuh. Gara-gara pas kita lagi ngedorong mau ke pinggirin hampir kena mobil orang yang parkir. Tapi ya kita juga punya mata atuh euy masa weh mau sengaja nabrakin ke mobil orang. Pokoknya sampe Si Arin juga ikut turun dorong odong-odong dan nafsu banget lah. Suasana udah panas banget. Eh tapi Asrul sama Reyhan malah foto-foto .______.

Nih pas insiden. Sampe Arin dorong odong-odong :p
Anto sama Andi manggil si Mas odong-odongnya tuh buat benerin. Tapi agak ada sedikit konflik gitu lah. Ada sedikit salah paham gitu antara kita dan tukang parkir yang tadi. Ah udah gak ngerti lagi lah gue.

Pas udah dibenerin lagi, kemudi pun diambil alih sama Asrul. Tapi dia mah bercanda mulu atuh lah. Hampir mau nabrak-nabrak. Eh tapi dia malah haha hihi, gatau kita semua kesel apa. Astagfirulloooh. Gak berapa lama, rante yang gue copot lagi. Deuuuuuh alay! Ya meskipun masih bisa jalan sih, meskipun jadinya cuma Andi dan Anto yang ‘gowes’ hehe kita nyewa berapa ya odong-odong? Lupaaaaa. 30 ribu apa ya sekitar 2 atau 3 kali puteran.

Naaaaah kedua, kita naik sepeda gitu yang bertiga. Bukan sepeda roda tiga ya, tapi yang joknya ada tiga. Awalnya mau gue, Arin, Muty. Tapi untung kita ngaca, diantara kita bertiga gak ada yang ‘pinter’ naik sepeda. Siapa yang mau di depan? Ih ogah deh gue. Waktu di Pangandaran aja, pernah tuh gue naik sepeda yang berdua gitu sama Muty. Gue bagian di depan. Daaaan itu berat banget -___- Apalagi kalo bertiga? Gak sanggup lah gue. Terus tadinya kita mau nyewa sepeda yang berempat, tapi ternyata gak ada. Ngacoooooo

Jadinya kita nyewa sepeda yang bertiga gitu 2 unit. Berapa ya nyewanya? Lupa. Pokoknya dikasih jatah sekitar 3 sampai 4 puteran deh. Sepeda 1 isinya Anto (depan), Muty, sama Gue. Sepeda 2 isinya Asrul (depan), Arin, sama Cokro. Terus Reyhan sama Andi jadi sesi dokumentasi J

Gue-Muty-Anto (depan)

Asrul (depan)-Arin-Cokro

Yaaa selama mainan sepeda sih cukup adem ayem lah ya, gak ada insiden apa-apa. Paling kita cuma kaya ‘lomba-lombaan’ gitu haha biasa lah anak muda :p Eeeh tapi tadi sepeda gue rantenya sempet copot juga gara-gara kebut-kebutan. Aaaaah kenapa sih gue sial banget? Zzz

Dan gak kerasa udah jam setengan 12 aja. Gak kerasa banget lah. Hari ini juga seruuuuuuuu banget aaaaah :D Tadinya Andi dan Anto ngajakin gue nyobain ‘wedang ronde’ tuh. Tapi gue gak suka (belum pernah nyoba sih sejujurnya) lagian udah malem banget. Jadi mending kita balik aja ke homestay.

Pas perjalanan pulang, gue dan Asrul kepisah gitu sama Cokro dkk. Terus pas di mana (gue gatau nama jalannya) haha ketemu tuh sama Anto dan Muty. Katanya Muty mau ke Malioboro dulu. Yo wis, gue mah balik ke homestay aja. Gak enak gue sama bang Asrul takut dia mau belajar :p Ya tapi Alhamdulillah sih pas perjalanan balik ini, suasana agak cair hehe kita terus ngobrol dan bikin gue nambah pengetahuan tentang Jogja dan kampus UGM sih utamanya tentang FKH hehe sampe gak kerasa udah nyampe homestay deh. Kalo malem, jalanan Jogja sepi banget ya? Kirain rame.

Di luar homestay, udah ada yang lain (kecuali Anto sama Muty). Gerbang homestay udah ditutup .______. Hehe Yaudah akhirnya gue bilang ke Arin, kalo Muty mau ke Malioboro sama Anto. Kita berdua pun masuk kamar dan dalam hitungan detik, zzz tiduuuuuuuur

Selamat malam Jogja! :D  

Ah gilaaaaa gue kucel banget -_____-

Eh pas setengah sadar gue liat handphone, ada sms tuh dari Cokro, yang intinya dia minta maaf udah bikin kita (gue, Arin, dan Muty) terlantar di Circle-K selama 4.5 jam. Ya ampuuuuuuuuun malah kita yang ngerasa gak enak ke kalian. Lagian emang ujan juga kali hehe Geng Cosmad ini emang baik banget deh. BIG THANKS :D

No comments:

Post a Comment