Friday 23 October 2015

Kulineria: Es Basian Bikin Harimu Jadi Gak Basi

Kuliner dessert emang lagi menjamur banget sekarang ini. Apalagi di tengah cuaca Kota Bogor yang sangat panas (beda ya sama cuaca Bogor bagian Puncak), rasanya usaha di bidang ini sangat menjanjikan. Salah satu usaha kuliner dessert di Bogor yang emang lagi populer adalah Es Basian (Batok Isian) alias es yang disajikan dalam batok es kelapa.

Kedai es basian terletak di Jalan Pandawa Raya no. 9-10, Indraprasta (sebrang resto D’Jamilah). Kalo lu jalan dari perempatan warung jambu, letak kedai es ini berada di sebelah kanan. Kedai es ini gak terlalu besar dan gak terlalu “mencolok”. Hanya ada beberapa meja yang disusun rapi di bagian halaman dan sebagian lagi berada di dalam sebuah ruko. Itu sebabnya kenapa gue lebih pilih menyebutnya “kedai” dibandingkan “cafĂ©”.

Kedai es ini bukanya siang, sekitar jam 2an. Waktu gue ke sana, gue jadi harus nunggu dulu karena gue datengnya kepagian. Selain gue, ternyata ada banyak pengunjung lain yang udah dateng. Mungkin mereka juga sama-sama gak tau kaya gue soal jam buka kedai es ini. Gak lama dari kedai dibuka, pengunjung udah banyak aja dan malah sampai waiting list.

Es Baper (Basian Premium) merupakan salah satu menu yang jadi favorit di kedai es ini. Satu scoop es krim buatan sendiri alias homemade (bisa pilih varian rasa), potongan buah melon, mochi, satu potong coklat silverqueen, satu buah es krim magnum mini, dan taburan kacang disajikan di dalam batok kelapa. Harganya 25 ribu untuk satu porsi. Kemarin sih gue pilihnya es krim rasa green tea. Well, kombinasi semuanya ini bener-bener bisa bikin seger tenggorokan. Rasa es krim green tea-nya pun lumayan enak, gak terlalu manis, dan gak terlalu pahit. Jadi, pas aja kalo dimakan bersama-sama si coklat atau si magnum.

Es Baper (Basian Premium)

Ada lagi yang namanya Es Sare. Sare dalam bahasa Sunda artinya tidur. Eits, bukan artinya kalo makan es ini bisa langsung bikin kita tidur ya. Tapi, karena penyajian es ini yang unik banget dan bikin gemes. Es krim ditambah “corong” sebagai topi dibentuk sedemikian rupa seperti badut yang sedang tidur, ditambah lagi rambut nenek (atau sebagian orang bilangnya aromanis) yang seakan-akan menyerupai selimut si badut. Bener-bener lucu deh dan gak tega buat dimakan :p Harga Es Sare ini 18 ribu rupiah untuk satu porsinya. Isinya selain ada satu scoop es krim homemade (rasa vanilla only) dan rambut nenek, ada juga es serut, sereal warna-warni, soes kering isi coklat, pudding coklat, dan kuah susu. Manisnya pas banget, gak bikin enek.
Es Sare

Satu lagi pilihan menu yang ada di kedai es ini, yaitu Es Gepeng (Gelas Pelangi). Untuk es yang satu ini disajikannya di dalam gelas biasa, tapi penyajian dan isinya gak kalah oke kok. Tiga scoop es krim homemade (rasa blue velvet, green tea, dan taro) ditambah fresh daging kelapa muda, jelly, whip cream, sereal warna-warni, dan stik pocky. Harganya 20 ribu per porsinya. Gak kalah seger pastinya sama kedua es krim di atas J
Es Gelas Pelangi (Photo by @basianaddict)

Kalo lu masih bingung dan ngerasa belum ada yang cocok, tenang aja, lu juga bisa bikin your own Basian. Mau pilih es krim rasa apa, topping-nya mau apa aja, mau disesuaikan sama dompet lu juga bisa kok. So, what are you waiting for? Es Basian menunggumu, buddies! :D

No comments:

Post a Comment