Thursday 15 October 2015

Kulineria: Picnic A la Local Taste

Welcome to Local Taste

Siapa yang gak suka makan enak di sini? Pasti semuanya suka dong, termasuk gue. Buat lo yang ngaku “pemburu” makan enak wajib banget dateng ke acara satu ini. LocalTaste.co.id Picnic Over Tribeca is coming back! Yeay! :D

Udah sekitar satu tahun terakhir ini gue emang suka banget berburu kuliner di acara bazaar atau festival kuliner semacam ini. Kenapa? Karena semua makanan enak ada di situ semua, di satu tempat, dan kita sebagai pengunjung cuma tinggal pilih aja mau makan yang mana. In addition, mostly, pengisi booth (tenant) yang ngisi di bazaar ini menyajikan makanan yang selain rasanya enak juga unik-unik banget.

Berbeda seperti bazaar kuliner yang pernah gue datengin, seperti Passport, Market & Museum, dan Tastemarket, LocalTaste.co.id ini menyajikan tema yang lebih asik. Kita diajak buat kulineran sambil ala ala piknik di taman. Makan di bawah pohon rindang sambil duduk-duduk pakai tikar. Suasananya juga adeeeem. Lu gak perlu bawa-bawa tikar lagi karena udah disediain. Tapi, kalo mau bawa sendiri juga monggo biar gak “rebutan” sama pengunjung lain.



Kali ini adalah gelaran ketiga LocalTaste.co.id Picnic Over Tribeca diadakan di Tribeca Park, Central Park Mall, Jakarta. Ada lebih dari 45 tenant yang ngisi di area seluas 500 m2 ini. Ada banyak banget makanan yang bikin ngiler pas kita nyampe sana. At the first sight, gue ngenilai kalo tata letak booth antar tenant di sini cukup rapi dibandingin sama bazaar kuliner lainnya. Dan gak terlalu sumpek juga liatnya. Mungkin karena tempatnya outdoor, pengisi tenant-nya juga gak begitu banyak, dan pas gue ke sana pun belum terlalu banyak orang. Jadi, asik aja sih menurut gue. Kalo mau beli makanan, gak perlu antri-antri dulu.



Makanan pertama yang gue coba adalah nasi dendeng balado “Takana Juo”. Harganya 45 ribu per porsi udah pake nasi. Nasi dendeng balado khas Padang ini emang lagi ngehits banget di kalangan kawula muda (ceilah). Banyak banget juga yang udah ngembangin resep nasi dendeng balado ini dengan berbagai brand. Cukup bagus sih kalo kata gue, karena kan ini salah satu cara juga buat “melestarikan” resep tradisi leluhur di tengah gempuran makanan western yang sering dianggap lebih keren. Thumbs up! :D


Back to nasi dendeng balado “Takana Juo”. Menurut gue, rasa dendeng balado di sini enak kok. Gak begitu jauh sama dendeng balado yang pernah gue cobain sebelumnya. Di sini, nasi dendengnya ada yang pedas, sangat pedas, dan tidak pedas. Kalo dari segi harga sih memang agak lebih mahal ya dari nasi dendeng balado lainnya yang gue tahu. “Takana Juo” juga menjual dendeng balado kiloan, loh. Jadi, bisa di bawa pulang buat oleh-oleh keluarga.

“Mulan by Yamm Ke Ko”. Ini semacam rice bowl gitu sih. Ada 3 menu besarnya yang ditawarkan Mulan, yaitu mulan chicken (35 ribu), mulan chicken plus nasi hainam (45 ribu), dan Nasi MiMo Omumu (50 ribu). Mulan chicken itu sih gampangnya gue bilang kaya ayam fillet, dipotong kecil-kecil seukuran dadu, terus dikasih tepung terigu, digoreng aja. Rasa Mulan chicken juga ada 3, yaitu Kung Fu Chicken (manis pedas), Anti Vampire Chicken (garlic mayo), dan Bang-Bang Chicken (asin pedas).  

Gue sendiri kemarin beli yang nasi MiMo Omumu. Isinya ada nasi Hainam, omelette, MiMo eggs, dan Mulan chicken. Buat Mulan chicken-nya gue pilih yang Kung Fu Chicken. Over all, rasanya enak. Paket komplit kalo kata gue. Proteinnya banyak haha udah ada telur dadar (re: omelette) ditambah telur rebus, ditambah lagi ayam. Lumayan bikin kenyang. Yang bikin unik lagi si “MiMo” nya ini – telur rebus dibagi 2 terus dihias kaya ayam-ayaman. Lucu deh. Tapi sayangya, pas gue ke sana agak lama juga penyajiannya padahal booth lagi gak begitu rame. Kelamaan ngehias MiMo :p

Minumnya gue beli di “Bank of Blood”. Minuman yang juga lagi hits banget nih. Emang udah macem-macem aja sih zaman sekarang. Jadi, di Blank of Blood ini minumannya (susu) dikemas di tempat yang mirip banget kaya kantong darah. Seakan-akan kita lagi minum darah kita sendiri. Gue pribadi sih emang agak “jijik” juga liatnya, apalagi kalo yang warna merah darah banget. Tapi, tenang aja kok ada 7 varian rasa yang bisa lu pilih, mulai dari Human Blood, Ted Blood, Olaf Blood, Minion Blood, Hulk Blood, Smurf Blood, dan Alien Blood. Harganya 35 ribu per kantong darah. So, tunggu apalagi? Selamat menghisap “darah” dan welcome to vampire club!


Ada juga nih yang unik dari tenant minuman. Bukan minumannya yang aneh sih, tapi cara minumnya. Pernah kepikiran buat minum pake sedotan yang stylish banget? “Riche” punya jawabannya. “Riche” adalah pioneer of the eyeglasses straw. Jadi, lu minum pake sedotan yang bentuknya kaca mata. Ada 6 rasa yang bisa lu pilih; chocoreo, taro, coffecino, lychee yakult, red velvet, dan green tea. Harganya 35 ribu per botol, udah free eyeglasses straw yang bisa dibawa pulang J Soooo unique, right? Dan gue jamin, pas lu minum “Riche”, semua mata akan tertuju padamu.


Ini temen gue (Putos) lagi minum "Riche"

Terakhir, buat snack nya gue beli “Chickville”, semacam chicken pop gitu sama kaya Mulan chicken. Tapi, kalo di sini makannya gak pake nasi. Jadi, cocok buat sekedar nyemal-nyemil unyu. Selain ayam, di “Chickville” ini juga ada cumi (calamary pop) dan ikan dori (dory pop). Bisa loh kalo belinya dicampur. Buat seasoning-nya juga bisa pilih, mau BBQ, rumput laut, pizza, keju, balado, atau pedas. Mix juga boleh. Mau tambah mayonnaise juga boleh banget. Pokoknya sesuai selera deh. Harganya 35-45 ribu untuk ukuran standar, dan 50-65 ribu untuk ukuran besar. Dijamin enak dan bikin nagih! This is my favorite snack ever! :D


Sebenernya masih banyak banget makanan yang pengen gue coba, tapi apalah daya kapasitas perut dan kantong yang terbatas gue cuma nyoba segitu. Sebagai tambahan, gue saranin lu buat bawa air mineral dari rumah, soalnya di sini jarang banget yang jual dan kalo pun ada harganya bisa mahal (gak mau rugi :p).

So, biar gak penasaran dan pengen tau makanan unik lainnya, lu mesti banget dateng ke sini, acaranya sampe tanggal 18 Oktober 2015. Cus, berangkat sekarang! :D For further information please follow @localtasteid on instagram. Inget, jangan buang sampahnya sembarangan yaaa. Happy picnic! J

No comments:

Post a Comment